Sabtu, 30 April 2011

Trik jawab soal UN English


Some Tricks for Answering Questions in the 2011 National Exam

Ujian Nasional (UN) sebenarnya tidak terlalu menakutkan, bahkan bagi siswa-siswa yang tidak terlalu ‘smart’ dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, asalkan mereka tahu trik-trik atau strategi khusus untuk menjawab soal-soal UN tersebut. Didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN tahun 2011, tulisan ini dimaksudkan untuk membantu siswa dalam menjawab soal-soal UN tahun 2011 mata pelajaran Bahasa Inggris.
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenali jenis-jenis pertanyaan yang ada dalam SKL UN 2011, yaitu sebagai berikut:

1.      Untuk SKL ‘menentukan gambaran umum’, ada beberapa model pertanyaan, misalnya:
a.     What is the text about?
b.     What does the text tell us about?
c.     What is the topic of the text?
d.     The text mainly discusses...
e.     The text tells us about...

2.      Untuk SKL ‘menentukan informasi tertentu’, model pertanyaan yang paling sering adalah:
a.   Which of the followings is true according to the text?
b.   Which of the followings is not true according to the text?
c.   The followings are true according to the text, EXCEPT....

3.      Untuk SKL ‘menentukan informasi rinci’, bentuk pertanyaan bisa bermacam-macam, misalnya:
a.     How many reasons does the writer propose for the issue?
b.     Which of the followings is an argument against the issue?

4.      Untuk SKL ‘menentukan informasi tersirat’, pertanyaan biasanya berupa kalimat tidak lengkap yang harus dilengkapi dengan kesimpulan dari suatu paragraf atau kesimpulan dari teks secara keseluruhan. Misal:
a.     It can be concluded from the text that...
b.     We know from the text that...

5.      Untuk SKL ‘menentukan pikiran utama suatu paragraf’, bentuk pertanyaan biasanya adalah: What is the main idea of paragraph...?

6.      Untuk SKL ‘menentukan rujukan’, model pertanyaannya adalah: What does the underlined word refer to...?

7.      Untuk SKL ‘menentukan makna kata/ frase/ kalimat’, bentuk pertanyaannya adalah:
a.     What is the synonym of the underlined word?
b.     The underlined word can be replaced with...
c.     The underlined word has the same meaning with...
d.     Which of the followings is closest in meaning with the underlined one?

8.      Untuk SKL ‘menentukan tujuan komunikatif suatu teks’, pertanyaannya bisa berbunyi: What is the communicative purpose of the text?

Kedua, perlu dikenali model-model pilihan jawaban untuk setiap pertanyaan, disesuaikan jenis teks. Ada beberapa soal yang bisa disiasati, yaitu sebagai berikut:

1.     Untuk menjawab pertanyaan tentang gambaran umum (...about?):

a.   Pada teks jenis message:
1)     cari kata-kata di dalam teks yang diawali kata-kata ‘to’, ‘for’, atau ‘please’.
2)     Jika di dalam teks terdapat beberapa kata “please”, “to”, atau “for”, maka isi pesan bisa dianggap sebagai “daftar hal-hal yang harus dikerjakan” (list of what to do)
3)     Jika di dalam teks terdapat sebuah kata “please...”, maka jawaban yang harus dicari dalam pilihan adalah: a request of...; a command to...; an order to...; atau a requirement to... 

b.   Pada teks jenis advertisement, ada dua macam:
1)   Untuk iklan barang/ jasa, jawaban biasanya berbunyi: an offer of ...
2)   Untuk iklan lowongan kerja (job vacancy), pilih alternatif jawaban yang ada kata-kata”
·       an offer of job as...
·       a job vacancy
·       a vacant position
·       a job advertisement, dan
·       BUKAN yang berbunyi ‘applying for a job...’

c.   Pada teks jenis news item (biasanya ditandai dengan nama kota yang ditulis dengan huruf KAPITAL semua di awal tulisan), topik teks ada pada paragraf awal, berupa “peristiwa/ kejadian”, dan BUKAN tentang orang atau tempatnya.

d.   Pada teks jenis recount, tidak ada pertanyaan tentang gambaran umum (...about?) – menurut SKL.

e.   Pada teks jenis analytical exposition yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “reason/ why” di paragraf awal (biasanya di kalimat terakhir paragraf pertama) serta kata-kata “In conclusion, ...; Thus, ...; Therefore, (dan sebagainya) di paragraf akhir, maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan penggunaan kata-kata “the reason for...” atau “why...” pada pilihan jawaban.

f.    Pada teks jenis hortatory exposition yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “should/ must/advice/suggest” di paragraf awal dan akhir, maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan kata-kata “should/ must/advice/suggest” pada pilihan jawabannya.

g.   Pada teks jenis explanation yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “how/process/ phenomena” dan sebagainya pada paragraf awal (biasanya di kalimat terakhir paragraf pertama), maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan kata-kata “how/process/ phenomena” pada pilihan jawabannya.

h.   Pada teks jenis discussion yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “however, in contrast to, on the contrary, on the one hand, on the other hand, pro/ contra, advantages/ disadvantages, benefits/ drawbacks, dan sebagainya di paragraf-paragraf tengah, maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan penggunaan kata-kata “the controversy of...; the advantages and disadvantages of...; the benefits and drawbacks of...; the pros and contras of...; the positive and negative sides of...”pada pilihan jawabannya.

Pada teks jenis discussion sangat dimungkinkan terdapat pertanyaan tentang “the advantages” atau the disadvantages”; “the positive sides” atau “the negative sides”. Misal:
Which of the followings IS NOT an advantage of watching TV?
ð  Jawaban dicari pada paragraf yang berisi disadvantages of watching TV.

Pada teks jenis discussion juga ada pertanyaan tentang informasi tersirat. Biasanya pertanyaan untuk SKL ini berbunyi:
“It can be inferred from the text that..” ATAU “It can be concluded from the text that...”
Jawabannya dapat ditemukan pada paragraf terakhir yang biasanya berisi conclusion (kesimpulan).

i.    Pada teks jenis review yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “film, book, novel, music, actor”, dan sebagainya di paragraf awal, maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan penggunaan kata-kata “a review of...” atau “a critic of ...”

2.      Untuk menjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (Misal: Which of the followings is true according to the text?), maka perlu diwaspadai beberapa kata yang biasanya digunakan sebagai jebakan (distractor) sebagai berikut: only, just, merely, all, every, no, not, always, never, less, more, most, serta kata-kata yang berlawanan artinya dengan yang disebutkan dalam teks. Dengan kata lain, jika pertanyaannya berbunyi seperti di atas, maka pilihan jawaban yang mengandung kata-kata seperti di atas biasanya “salah”.
Biasanya kata-kata yang digunakan dalam pilihan merupakan kebalikan dari (atau setidaknya tidak sama dengan) kata-kata yang digunakan dalam teks. Misalnya, di dalam teks disebutkan “fifty percent of Indonesians are dependent”:
Pertanyaan: “Which of the followings is true according to the text?”
a.   More than fifty percent of Indonesians are dependent
b.   Less than fifty percent of Indonesians are dependent
c.   Fifty percent of Indonesians are under seventeen
d.   Half of Indonesian populations are dependent
e.   Fifty percent of Indonesians are older people

3.      Untuk pertanyaan tentang informasi rinci - biasanya pertanyaan tentang sebab (why), jumlah (How many), kapan (When), di mana (When), bagaimana cara (How), siapa (Who), apa (what) – untuk memilih jawaban yang tepat, cari di dalam teks (kalau perlu baris demi baris) kata-kata yang terdapat di dalam pertanyaan, dan jawaban biasanya terdapat di sekitar kalimat tersebut.

Karena dalam UN tahun 2011 ini ada delapan pertanyaan tentang gambaran umum dan delapan pertanyaan untuk informasi tertentu, maka dengan menerapkan trik-trik seperti diuraikan dalam tulisan ini, insya Alloh para siswa sudah dapat menjawab SETIDAKNYA 16 pertanyaan pada reading section. Terlepas dari itu semua, tentunya usaha yang sungguh-sungguh dengan belajar keras diiringi doa yang tulus kepada Yang Maha Kuasa tidak boleh dilupakan, karena itu adalah faktor yang paling menentukan keberhasilan para siswa. Still confused? Consult your teacher!


PILIH MEDIA


PILIH-PILIH TEKNOLOGI, METODE, DAN
MEDIA PEMBELAJARAN

            Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini, dunia pendidikan dituntut untuk dapat mengikuti kemajuan zaman, termasuk dalam proses pembelajarannya. Kegiatan pembelajaran yang hanya terfokus pada guru dan penggunaan buku teks saja tidak lagi sesuai dengan tuntutan zaman. Apalagi jika ditemui masih ada kegiatan di ruang kelas di mana siswa mencatat materi dari buku milik guru, sedangkan guru yang bersangkutan hanya duduk menunggui, atau lebih parah lagi malah meninggalkan ruang kelas.
            Sekolah adalah tempat di mana siswa belajar berbagai ketrampilan hidup dan pengetahuan, supaya kelak setelah lulus mereka dapat memenuhi harapan dunia kerja. Namun ada beberapa hal yang kadang membuat siswa tidak mengikuti sepenuhnya kegiatan pembelajaran di sekolah, seperti kurangnya perhatian atau minat, kebosanan, atau terlalu sulitnya memahami materi pelajaran. Di sinilah diperlukan penggunaan media yang disertai dengan teknologi dan metode pembelajaran yang tepat..
            Metode pembelajaran adalah prosedur pengajaran yang dipilih untuk membantu siswa mencapai tujuan pelajaran atau untuk memasukkan informasi atau pesan. Metode pembelajaran dapat digolongkan ke dalam metode yang terpusat pada siswa dan yang terpusat pada guru. Metode pembelajaran yang terpusat pada siswa meliputi diskusi, pembelajaran kooperatif, game, simulasi, dan problem-solving. Metode pembelajaran yang terpusat pada guru misalnya adalah metode-metode presentasi, demonstrasi, latihan dan drill, dan tutorial.
Media pembelajaran didefinisikan oleh Sharon E. Smaldino dan James D. Russel dalam buku mereka “Instructional technology and Media for Learning” (2005) sebagai sarana komunikasi dan sumber informasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pelajaran. Ada beberapa manfaat penting dari penggunaan media pembelajaran, seperti yang dikemukakan oleh Rudi Susilana dan cepi Riyana dalam buku mereka “Media Pembelajaran” (2008) bahwa media dapat menimbulkan gairah belajar, interaksi langsung antara siswa dengan sumber belajar, memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis, serta meningkatkan kualitas belajar mengajar, karena pada umumnya hasil belajar dengan menggunakan media akan mengendap lama dalam memori siswa.
Ada banyak macam media pembelajaran, namun yang paling terkenal ada lima tipe dasar media, yaitu media yang berupa teks, audio, visual, media gerak, media manipulatif, dan orang. Contoh media teks adalah buku, poster, papan tulis, layar komputer, dan sebagainya. Audio meliputi segala sesuatu yang dapat kita dengar – suara seseorang, musik, suara mekanik (mesin mobil yang sedang berjalan), keributan, dan sebagainya. Media audio bisa berbentuk live (langsung) atau rekaman. Media visual meliputi diagram pada sebuah poster, lukisan pada papan tulis, foto, grafik di buku, kartun, dan sebagainya. Tipe media yang lain adalah media gerak. Ini adalah media yang memperlihatkan gerak, termasuk videotape, animasi, dan sebagainya. Manipulative berupa tiga dimensi dan dapat disentuh dan dipegang oleh siswa, misalnya miniatur pesawat, dan sebagainya.
            Teknologi pengajaran adalah segala macam produk teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran, seperti TV, video maupun audio player, dan sebagainya. Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran dapat memaksimalkan pencapaian hasil belajar siswa, tergantung dari bagaimana guru memilih dan menggunakan teknologi untuk media pembelajarannya. Jika guru tidak pintar-pintar memilih media dan teknologi untuk kegiatan pembelajarannya, yang terjadi mungkin tidak seperti yang diharapkan. Dalam hal ini, siswa tidak dapat mencapai hasil maksimal, dan kegiatan pembelajaran justru berubah menjadi sebuah arena pamer teknologi atau hiburan yang serba tanggung: hiburan bukan, media pembelajaran juga tidak sepenuhnya.
            Untuk dapat memilih media, teknologi, serta metode mana yang paling tepat untuk kegiatan pembelajarannya, ada beberapa acuan yang harus dipertimbangkan. Pertama, kenali karakteristik siswa. Sangat perlu dipertimbangkan, seperti apakah sikap siswa kita terhadap pelajaran, sebaik apa ketrampilan dan minat membaca mereka, keadaan sosial-ekonomi mereka, dan sebagainya. Kalau siswa kita tidak begitu tertarik, bahkan cenderung apatis terhadap pelajaran Sosiologi karena harus menghafal, misalnya, guru harus memilih media yang dapat merangsang minat mereka, seperti penggunaan video.
Guru dapat mengawali pelajaran dengan memutarkan video tentang kebudayaan suatu daerah dan dilanjutkan dengan kegiatan diskusi kelompok untuk membahas beberapa pertanyaan tentang budaya dalam video yang baru saja diputar, yang mengarah pada kesimpulan serta pendapat siswa tentang budaya itu. Cara ini akan lebih efektif dari pada siswa disuruh mempelajari buku teks tentang budaya tersebut, lalu diberi tes berupa beberapa pertanyaan tentang teks yang sudah (atau dianggap sudah) mereka baca.
Kedua, lihat tujuan pembelajarannya. Sebagai contoh, apakah guru berharap bahwa di akhir pelajaran kelak siswa dapat mengungkapkan pendapat mereka tentang suatu issue, dapat menjelaskan cara-cara melakukan sesuatu, dapat menjelaskan proses terjadinya gunung meletus, dan sebagainya. Kalau tujuan pembelajaran adalah supaya di akhir pelajaran siswa dapat menjelaskan proses terjadinya hujan dalam Bahasa Inggris, misalnya, guru dapat memilih media gerak yang berupa gambar video yang memperlihatkan proses terjadinya hujan tersebut. Metode yang dipilih bisa merupakan gabungan antara demonstrasi, latihan, serta diskusi.
Ketiga, pikirkan tentang cara mendapatkan atau membuat media yang kita perlukan. Kalau dirasa terlalu sulit untuk mendapatkan atau membuat media yang kita inginkan, kita bisa mengubah pilihan kita.
Keempat, media yang kita gunakan hendaklah praktis dan aman digunakan. Jangan sampai kita ingin menggunakan media untuk membantu proses pembelajaran, namun yang terjadi malah kita kehabisan waktu untuk mempersiapkan media tersebut. Kalau kita ingin menggunakan media yang berupa gambar-gambar, grafik, serta beberapa keterangan dengan menggunakan teknologi in focus (LCD), misalnya, kita harus memikirkan segi kepraktisannya. Kalau kita tidak bisa mempersiapkan lap top/ komputer, LCD, sekaligus layarnya sebelum pelajaran dimulai, atau semua perangkat tersebut sudah terpasang di satu tempat khusus (ruang multimedia, misalnya), sebaiknya kita pilih media lain.
            Satu-satunya hal yang mungkin menjadi kelemahan penggunaan media adalah waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkannya memang agak lama. Hal ini pula yang mungkin membuat para guru masih enggan mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan metode, media, serta teknologi pembelajaran yang modern, dan lebih memilih dikatakan “kuno” karena mengajar hanya dengan bermodal buku teks dan ceramah.        
Kalau kita sudah mempertimbangkan semua acuan di atas, kita tidak perlu ragu lagi untuk menentukan pilihan akan metode, media, serta teknologi pembelajaran yang akan kita gunakan di kelas. Kita tidak boleh juga malas mempersiapkan media pembelajaran, karena manfaatnya sungguh besar bagi siswa kita.


MENATA HATI KALA TAK HAPPY


MENATA HATI KALA TAK HAPPY
Ditulis oleh : Junainah Helmy

            Suatu ketika saya mendapati anak-anak didik saya tidak begitu kooperatif. Sejak saya masuk ke ruangan kelas, mereka sudah ribut, sulit dikendalikan. Itu bukan kali yang pertama, sebenarnya. Beberepa kali saya sudah mendapati stuasi yang demikian, dan biasanya saya menjadi jengkel, bahkan pernah marah pada anak-anak, meski akhirnya saya menyesal. Tetapi hari itu, saya coba katakan pada hati saya, “Calm down, please. Mereka kan anak-anak manis? Kalau didekati dengan santai, mungkin mereka akan dapat dikendalikan.”
            Ada seorang siswa pada hari itu, yang menarik perhatian saya. Gaya rambutnya baru. Biasanya rambutnya dibuat “jabrik”, hari itu dia tampil klimis, dengan rambutnya disisir rapi ke bawah dengan belahan tengah. Benar-benar lucu kelihatannya. Secara spontan saya tegur anak itu dengan santai, “Wah, hari ini Adi tampil dengan gaya baru, ya?” Kontan anak-anak lain ribut lagi, memberi komentar pada gaya rambut Adi yang baru.
Tapi itu tidak lama. Ketika saya beri pertanyaan berikutnya, mereka langsung antusias menjawabnya. Ini adalah pembuka jalan yang sangat mulus untuk menggiring mereka kepada pelajaran yang sesungguhnya. Dan ternyata benar. Pelajaran saya pada hari itu cukup lancar. Anak-anak juga sibuk berdiskusi ketika tiba saatnya untuk kerja kelompok. Mereka kelihatan santai belajar, sambil kadang-kadang terdengar celetukan dari mereka. Tapi tidak apa. Yang penting tidak mengganggu proses pembelajaran, dan yang lebih penting lagi, mereka dapat berhasil mengerjakan tugas pada hari itu dengan baik sekali, dan saya sangat puas dengan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
Di saat lain sebelum itu, saya pernah mengalami situasi yang sama, di mana para siswa ribut banget. Tapi waktu itu saya tidak dapat mengontrol emosi, sehingga saya marah-marah pada mereka. Anak-anak memang selanjutnya diam, tetapi mereka diam karena takut. Dan saya lebih kecewa lagi karena ternyata pada hari itu mereka tidak dapat menyelesaikan tugas dari saya dengan baik. Dari delapan kelompok siswa, hanya tiga kelompok yang berhasil mengerjakan tugas dengan baik, dua kelompok dengan kualitas sedang-sedang saja, dan sisanya sungguh mengecewakan.
Di kesempatan lain, di rumah, saya juga pernah dibuat jengkel oleh anak-anak saya. Kedua anak laki-laki saya bertengkar, tanpa ada yang mau mengalah. Awalnya mereka Cuma bercanda. Tetapi lama-kelamaan mereka saling pukul dan sama-sama menangis. Saya marah, tetapi yang terjadi malah membuat saya menangis. Si kakak protes, dan tak henti-hentinya si kecil menangis. Lalu saya tenangkan pikiran, dan saya coba alihkan perhatian keduanya. Ternyata cara ini lebih gampang. Mereka lalu secara “nggak sengaja” menjadi akrab lagi, sambil tertawa-tawa mereka sudah mulai main “bersama” lagi.
Ada lagi suatu saat ketika saya merasa sangat cemburu pada suami. Saat itu sudah jam delapan malam dan dia belum pulang. Biasanya paling lambat maghrib dia sudah sampai rumah. Berkali-kali saya telepon ke mobile phone-nya, tidak dapat nyambung. Seolah setan sudah merong-rong pikiran saya, sampai saya berpikir yang tidak-tidak tentang suami saya. Jangan-jangan dia mampir ke temannya, jangan-jangan dia..... Aah.... tak sanggup benak saya meneruskannya. Dengan perasaan yang macam-macam, saya coba tenangkan pikiran saya. Saya katakan pada diri saya sendiri, “Please, dia sedang dalam perjalanan. Jangan-jangan dia dapat halangan di jalan.” Eh? Halangan? Saya terhenyak. Tiba-tiba saya menjadi takut sekali. Saya ambil air wudlu, lalu saya tenangkan pikiran, lalu mencoba ikhlas terhadap apapun yang akan terjadi. Dan, saya berhasil melewati saat-saat menegangkan seperti itu, sekaligus mengusir rasa cemburu saya serta pikiran-pikiran yang tidak-tidak tentang suami saya.
Pengalaman-pengalaman itulah yang kemudian menginspirasi saya untuk tidak marah-marah lagi di kelas dan dalam situasi lain yang mungkin membuat saya marah, mengubah kecemburuan dan ketakutan menjadi keikhlasan, dan membuat hidup menjadi lebih sederhana. Tidak rumit. Semoga saya serta pembaca sekalian selalu dikaruniai kekuatan untuk malakukannya.

Ditulis oleh Junainah Helmy, M.Pd.
Penulis adalah guru pada MAN 1 Boyolali, jalan kates Boyolali
Jawa Tengah – 57373



RPP KD 1 Listening


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : MAN 1 Boyolali                                               Topik                : Transactional Communication
Kelas/ Semester                        : X/ 1                                                    Language Skill  : Listening
Mata Pela­jaran              : Bahasa Inggris                                                Alokasi Waktu   :  8 X 45’ (4 pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
1.     Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.    Kompetensi Dasar
1.     Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji.

C.    Indikator
1.     Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan
2.     Menjawab tindak tutur berkenalan
3.     Mengidentifikasi makna tindak tutur bertemu
4.     Menjawab tindak tutur bertemu
5.     Mengidentifikasi makna tindak tutur berpisah
6.     Menjawab tindak tutur berpisah
7.     Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran
8.     Menjawab tindak tutur menyetujui tawaran
9.     Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui undangan
10.  Menjawab tindak tutur menyetujui undangan
11.  Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui ajakan
12.  Menjawab tindak tutur menyetujui ajakan
13.  Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji
14.  Menjawab tindak tutur menerima janji
15.  Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji
16.  Menjawab tindak tutur membatalkan janji

D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran diharapkan siswa dapat melakukan semua hal yang tersebut dalam indikator di atas.

E.    Materi pembelajaran

1.     Teks: Teks lisan berisi percakapan yang digunakan untuk menyapa, memperkenalkan diri, dan berpamitan/ menutup pembicaraan.
2.     Vocablaries: Kata-kata yang digunakan untuk menyapa, memperkenalkan diri, dan berpamitan/ menutup pembicaraan.
3.     Ungkapan               :
a.     Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa:
1)     Good morning/afternoon/evening.
2)     Hello/ Hi.
b.    Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri:
1)     memperkenalkan diri sendiri kepada seseorang
·         Hi, my name is Meutia.
·         Hello, I’m Andy. What’s your name?
·         May I introduce myself? My name is Kay.
2)     memperkenalkan diri sendiri kepada orang banyak (di suatu forum)
·         Good morning. I’d like to introduce myself. I’m Najwa.
·         Hello. May I introduce myself? My name is Zakky.
3)     memperkenalkan seseorang kepada orang lain
·         Fatima, I’d like you to meet Salma. Salma, this is Fatima.
·         Iqbal, may I introduce you to Ahza? Ahza, this is Iqbal.
·         Ferry, I’d like to introduce you to Asti. Asti, this is ferry.
4)     merespon orang yang memperkenalkan diri:
·         Nice to meet you.              
·         Pleased to meet you.
·         I’m glad to meet you.
·         How do you do?
·         My name is Reza.
·         Hello, I’m Nida.

c.     Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk berpamitan dan menutup pembicaraan:
1)     Menyebutkan pertemuan yang akan datang
·         See you soon/ next week/ tomorrow, dsb.
·         See you.
·         I’ll miss to see you again.
2)     Mengucapkan harapan yang bagus untuk orang yang diajak berbicara:
·         Have a nice day.
·         Have a good weekend/holiday/trip.
·         Enjoy the rest of your stay.
·         Take care.
·         I wish you all the best.

d.    Ungkapan-ungkapan untuk mengundang:
·         Will you come to my birthday party next Saturday afternoon?
·         Are you free this afternoon? I’d like you to have lunch with me.
·         My family is going to hold a religious meeting tonight. Would you like to come?
·         I’m wondering if you could go with me to the Islamic Book Fair in Solo tonight.
e.     Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menerima undangan/ajakan:
·         Thank you. I’d love to.
·         Yes, thank you. What time?
·         Sounds great.
·         That would be wonderful.
·         I’d love to, thanks. Where do you want me to meet you?
·         That’s a good idea. What time shall we go?
·         I will. Thanks for the invitation.
f.     Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menolak undangan/ajakan:
·         Unfortunately, I won’t be able to come because I have had another plan.
·         I’m sorry, I can’t because I have to go with my parents tonight.
·         I’d love to, but, I’m sorry. I have to accompany my mother to a department store.
·         I’d really love to, but I have to finish my job first. Sorry.
g.    Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk membuat janji:
·         Could I make an appointment to see the doctor, please?
·         Would it be possible for me to make an apointment to see the principal, please?
h.     Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menerima janji:
·         Yes, that’s fine.
·         Yes, that’ll be great.
·         Certainly. That’ll be fine.
i.      Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk membatalkan janji:
·         I’m sorry, but I have to cancel my apointment with dr. Rose, because I have to attend a meeting with my boss.
·         I don’t like to tell you this, but the Principal has to cancel his appointment with you because he has to attend a very important meeting with the governor.

F.    Alokasi Waktu: 8 X 45 menit (4 pertemuan)
G.    Metode Pembelajaran: Contextual Teaching and Learning

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama (Topik: menyapa, memperkenalkan diri, dan berpamitan/ menutup pembicaraan)
1.     Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a.     memotivasi siswa
b.    menyampaikan tujuan pembelajaran
c.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

2.     Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi (15 menit)
1)     Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru yang berkaitan dengan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa, memperkenalkan diri, dan berpamitan/ menutup pembicaraan
2)     Siswa mengucapkan contoh-contoh tindak tutur untuk menyapa, memperkenalkan diri, dan berpamitan/ menutup pembicaraan menurut versi mereka sendiri
3)     Guru memberikan contoh-contoh tindak tutur yang digunakan untuk menyapa, memperkenalkan diri, dan berpamitan/ menutup pembicaraan yang lebih appropriate dan meminta siswa untuk mengucapkannya dengan lancar dan fluent.
4)     Siswa mencari padanan ungkapan-ungkapan tersebut dalam bahasa Indonesia

b.    Elaborasi (50 menit)
1)     Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui media audio atau visual secara klasikal atau dari suara guru sambil melengkapi teks tertulis rumpang berisi percakapan interpersonal/ transaksional.
2)     Membahas kapan mereka mungkin mendengar tindak tutur  tersebut
3)     Siswa bekerja secara kolaboratif untuk mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang.
4)     Mendiskusikan respon (tanggapan) yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar
5)     Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang lain dan menjawab/ meresponnya.

c.     Konfirmasi (15 menit)
1)     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2)     Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks
3)     Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.

3.     Kegiatan Penutup (5 menit)
a.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
b.    Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
c.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang: listening test untuk KD 1.
d.    Guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk dikerjakan di rumah
Tugas Terstruktur:
Mendengarkan sebuah teks transactional/ interpersonal secara berpasangan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks. Jawaban dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur:
Menonton film berbahasa Inggris di TV (boleh yang ada teks terjemahannya ataupun tidak) dan mencatat ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji

Pertemuan Kedua (Topik: mengundang/mengajak, menerima, dan menolak undangan/ajakan)

1.     Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a.     memotivasi siswa
b.    menyampaikan tujuan pembelajaran
c.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

2.     Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi (15 menit)
1)     Guru menyiapkan siswa supaya mengerjakan soal-soal listening dengan semangat dan jujur
2)     Guru membagikan kertas soal berisi pilihan jawaban dari soal-soal yang akan diperdengarkan.
3)     Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru yang berkaitan dengan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk mengundang/mengajak, menerima, dan menolak undangan/ajakan
4)     Siswa mengucapkan contoh-contoh tindak tutur untuk mengundang/mengajak, menerima, dan menolak undangan/ajakan menurut versi mereka sendiri
5)     Guru memberikan contoh-contoh tindak tutur yang digunakan untuk mengundang/mengajak, menerima, dan menolak undangan/ajakan yang lebih appropriate dan meminta siswa untuk mengucapkannya dengan lancar dan fluent.

b.    Elaborasi (Evaluasi: 50 menit)
1)     Siswa menulis kalimat-kalimat yang diucapkan oleh guru yang berkaitan dengan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk mengundang/mengajak, menerima, dan menolak undangan/ajakan.
2)     Siswa mendengarkan teks yang berisi percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk mengundang/mengajak, menerima, dan menolak undangan/ajakan mengundang/mengajak, menerima, dan menolak undangan/ajakan.
3)     Siswa dan guru membahas situasi dan kondisi yang tepat untuk menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut

c.     Konfirmasi (15 menit)
1)     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2)     Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan siswa dalam memahami teks
3)     Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.


3.     Kegiatan Penutup (5 menit)
a.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
b.    Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
c.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang.
Tugas Terstruktur:
Mendengarkan sebuah teks transactional/ interpersonal secara berpasangan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks. Jawaban dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.


Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur:
Menonton film berbahasa Inggris di TV (boleh yang ada teks terjemahannya ataupun tidak) dan mencatat ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji

Pertemuan Ketiga (Topik: membuat janji, menerima janji, dan membatalkan janji)

1.     Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a.     memotivasi siswa
b.    menyampaikan tujuan pembelajaran
c.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

2.     Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
1)     Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru yang berkaitan dengan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk membuat janji, menerima janji, dan membatalkan janji
2)     Siswa mengucapkan contoh-contoh tindak tutur untuk membuat janji, menerima janji, dan membatalkan janji
3)     Guru memberikan contoh-contoh tindak tutur yang digunakan untuk membuat janji, menerima janji, dan membatalkan janji yang lebih appropriate dan meminta siswa untuk mengucapkannya dengan lancar dan fluent.

b.    Elaborasi
1)     Siswa menulis kalimat-kalimat yang diucapkan oleh guru yang berkaitan dengan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk membuat janji, menerima janji, dan membatalkan janji
2)     Siswa mendengarkan teks yang berisi percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk membuat janji, menerima janji, dan membatalkan janji.
3)     Siswa dan guru membahas situasi dan kondisi yang tepat untuk menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut.
4)     Guru dan siswa membahas kemungkinan penggunaan ungkapan-ungkapan tersebut dalam percakapan yang lain.

c.     Konfirmasi
1)     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2)     Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan siswa dalam memahami teks
3)     Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.

3.     Kegiatan Penutup (5 menit)
a.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
b.    Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
c.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang.
d.    Guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk dikerjakan di rumah
Tugas Terstruktur:
Mendengarkan sebuah teks transactional/ interpersonal secara berpasangan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks. Jawaban dikumpulkan pada pertemuan yang akan dating.
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur:
Menonton film berbahasa Inggris di TV (boleh yang ada teks terjemahannya ataupun tidak) dan mencatat ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji

Pertemuan Keempat (Evaluasi/ Listening Test)

1.     Kegiatan Pembuka
a.     memotivasi siswa
b.    menyampaikan tujuan pembelajaran
c.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran/ evaluasi

2.     Kegiatan Inti
a.     Guru menyiapkan siswa supaya mengerjakan soal-soal listening dengan semangat dan jujur.
b.    Guru membagikan kertas soal berisi pilihan jawaban dari soal-soal yang akan diperdengarkan.
c.     Guru memperdengarkan soal listening dan siswa mengerjakan.
d.    Siswa mengumpulkan jawaban mereka.

3.     Kegiatan Penutup
a.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
b.    Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
c.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang.

I.      Penilaian Hasil Belajar
Teknik: Tes
Bentuk: Pilihan ganda
Instrumen:
Satu set soal listening berisi 20 soal pilihan ganda.

Part A
You will hear some short expressions. Each expression will be followed by some possible responses. Listen to the expressions and the responses carefully and decide one which will be the best responses to the expressions.

1.     Listen and mark your answer on your book.
2.     Listen and mark your answer on your book.
3.     Listen and mark your answer on your book.
4.     Listen and mark your answer on your book.
5.     Listen and mark your answer on your book.
6.     Listen and mark your answer on your book.
7.     Listen and mark your answer on your book.
8.     Listen and mark your answer on your book.
9.     Listen and mark your answer on your book.
10.  Listen and mark your answer on your book.       

Part B
You will hear some dialogues. Each will be followed by a question. After you hear a dialogue and the question about it, read the five possible answers and decide which one would be the best answer to the question you have heard.

11.  a. Lewis                                    c. Susan                                   e. Ricky
b. Nick                                      d. Brenda         

12.  a. He introduced himself to Sonya.        d. He introduced himself to Ricky and Sonya.
b. He introduced Sonya to Ricky.           e. He introduced Ricky and Sonya to his other friend.
c. He introduced himself to Ricky.

13.  a. swimming                  c. collecting stamps                  e. watching sport games.
b. reading books           d. listening to music     

14.  a. He will accompany the woman to her friend’s party.
b. He was wondering why his boss invites him for a meeting.
c. He will accompany the woman after his meeting with the boss.
d. He accepts the woman’s invitation.
e. He refuses the woman’s invitation.

15.  a. She will not come to the man’s house.            d. She refuses the man’s invitation.
b. She likes to have dinner with the man.            e. She will have dinner alone.
c. She accepts the man’s invitation.

16.  a. for a traditional ceremony                              d. for a religious ceremony       
b. for a dinner with his family                             e. for a birthday party
c. to introduce her with his family

17.  a. He’s not sure if he could come.                      d. He accepted the woman’s promise
b. He promised to accompany the woman.         e. He cancelled his promise to the woman.
c. He promised to make a party for the woman.

18.  a. He didn’t know that she came late.                 d. He cancelled his promise to the woman.
b. He promised not to come late again.             e. He made the woman promise to him.
c. He accepted the woman’s promise.

19.  a. He couldn’t come to the meeting with the woman.
b. He promised to have a meeting with the woman’s client.
c. He accepted the woman’s promise to meet him today.
d. He cancelled his promise to come to the woman’s office today.
e. He cancelled his promise to have lunch with his client today.

20.  a. She could understand why her boyfriend left her.        d. She cancelled her promise to the man.
b. She promised to always love the man.                       e. She made the man love her.
c. She accepted the man’s promise.


Transcription and Key Answers:

Part A
1.     “Hello, may I sit here? My name’s Ricky.”
a. How do you do?                                            d. Oh, hi, of course. I’m Susan.
b. This is Sonya, my classmate.                        e. It’s nice to meet you.
c. Good morning. I’m sitting here.         

2.     “Ricky, I’d like to you to meet my friend. This is Sonya, my classmate.”
a. Good morning, Ricky.                                    d. Hello, I like swimming.          
b. Hi, Sonya. It’s nice to meet you                      e. What is your hobby? 
c. Where do you come from?
     
3.     “Oh, hi, Sonya. How do you do?”
a. I’m fine, thank you                  c. I’m not very well today.         e. I’m Ricky.     
b. Oh, hi, how are you?              d. How do you do?                 

4.     “Sonya, what do you like to do in your spare times?”
a. I like watching films.                                      d. I don’t like talking about films.
b. I like fried chicken.                                        e. I don’t like fast food.
c. I don’t have much time to watch films.

5.     “Well, it seems that I have to leave now. See you, then.”
a. Hello, how are you?                                       d. I like to see you.                   
b. Why don’t you leave now?                             e. Good bye.   
c. I don’t know why you leave now.

6.     “I don’t like this. You always make me wait for you for hours!”
a.     I promise, I’ll come on time, next time.          d. You don’t like waiting for me?
b.    I also don’t like these hours.                        e. What happens to you these hours?
c.     I like making you wait for me for hours.

7.     “Andy, this is the third time you come late. I will not tolerate if you come late again.”
a.   This is the first time, Ma’am                           d. I promise I’ll be punctual.
b.   I will tolerate if you punish me for that            e. I’ll come to your house tomorrow.
c.   What can I do for you, Ma’am?

8.     “I promise, I won’t make you wait for me again next time.”
a.     What did you say?                                      d. I promise I’ll never wait for you again.
b.    I can’t understand why you say so.               e. Is there someone who wants to make a promise?
c.     I hope you keep your promise.

9.     “I promised you not to come late again, but I’m sorry, I couldn’t keep my promise.”
a.     I hope you are all right                                 d. I just couldn’t understand your reason.
b.    It’s okay. I can understand that                     e. I shouldn’t have promised you something.
c.     I must keep my little brother, too.

10.  “Hello, Alan. Will you have dinner with me, tonight? You have promised me for that.”
a.   I will have dinner at home, with my family       d. Yeah, I’m thinner than before.
b.   I think you’ll be all right without me                 e. Oh, sorry. I have a meeting tonight.
c.   Everything is all right, don’t worry.

Part B
11.  Boy      : Hello, my name is Lewis.
Girl       : Oh, hi. I’m Brenda.
Boy      : Are you Susan’s friend?
Girl       : Oh, yes. How do you know?
Boy      : My friend, Nick, told me. Susan was my elementary school friend.
Girl       : Oh, I understand. Nick is my friend also.
Question: What’s the girl’s name?

12.  Tommy: Good morning, Ricky. This is Sonya, my classmate.
Ricky    : Good morning. Hi, Sonya. I’m Ricky. It’s nice to meet you.
Question: What did Tommy do?

13.  Ricky    : What do you like to do in your spare time, Sonya?
Sonya   : I like reading very much. What about you?
Ricky    : I like doing sports, especially swimming.
Question: What is Ricky’s hobby?

14.  Woman             : I’d like you to accompany me to my friend’s party tonight.
Man                  : I’d love to, but… I’m sorry. I have a meeting with my boss tonight.
Question           : What does the man imply?

15.  Man                  : Could you come to my house for dinner tomorrow night?
Woman             : Sure, thanks. What time?
Question           : What does the woman imply?

16.  Man                  : I’d like you to come to my house tomorrow afternoon.
Woman             : What’s up?
Man                  : My family is going to hold a traditional ceremony.
Woman             : Sounds great. I’d love to.
Question           : What does the man invite the woman for?

17.  Woman             : John, you will accompany me to my friend’s party, won’t you?
Man                  : Sure. I’ll come with you, I promise.
Question           : What does the man mean?

18.  Woman             : This is the third time you come late for my lesson.
Man                  : I’m sorry, Ma’am. I’ll never be late again, next time. I promise.
Question           : What does the man mean?

19.  Man                  : I promised to come to your office at eleven today, did I?
Woman             : Yes, and?
Man                  : I’m sorry, I can’t make it. I have an important meeting with a client.
Question           : What does the man mean?

20.  Man                  : I will always love you. That’s my promise.
Woman             : Okay. I count on your promise.
Question           : What does the woman mean?

Key Answers: