Sabtu, 30 April 2011

RPP KD 2 Listening


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : MAN 1 Boyolali                                               Topik                : Transactional Communication
Kelas/  Semester           : X/ 1                                                    Language Skill  : Listening
Mata Pela­jaran  : Bahasa Inggris                                                            Alokasi Waktu   : 4 X 45’ (dua pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
1.     Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.    Kompetensi Dasar
2.     Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi

C.    Indikator
  1. Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
  2. Menjawab tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
  3. Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan perhatian
  4. Menjawab tindak tutur menunjukkan perhatian
  5. Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan simpati
  6. Menjawab tindak tutur menunjukkan simpati
  7. Mengidentifikasi makna tindak tutur memberikan instruksi
  8. Menjawab tindak tutur memberikan instruksi

D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran diharapkan siswa dapat melakukan semua hal yang tersebut dalam indikator di atas.

E.    Materi Ajar

1.     Mengungkapkan perasaan bahagia
Contoh:
a.     I’m happy with this.
b.    Thanks God that I finally found you.
c.     What a wonderful life!
2.     Menunjukkan perhatian
Contoh:
  1. What do you mean?
  2. And?
  3. What happen next?

3.     Menunjukkan simpati
Contoh:
  1. I’m sorry to hear that.
  2. Please accept my deepest sympathy.
  3. What a pity!
  4. Oh, it’s terrible.
4.     Memberi instruksi
Contoh:
a.     Put a sachet of instant coffee in the cup.
b.    Add sugar.
c.     Stir the coffee well.

F.    Alokasi Waktu: 4 X 45 menit (dua pertemuan)

G.    Metode Pembelajaran: Contextual Teaching and Learning

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1.     Kegiatan Pendahuluan
a.     memotivasi siswa
b.    menyampaikan tujuan pembelajaran
c.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

2.     Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
1)     mendengarkan contoh-contoh ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi.
2)     mencari padanan ungkapan-ungkapan tersebut dalam bahasa Indonesia.

b.    Elaborasi
1)     Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui media audio atau visual secara klasikal atau dari suara guru sambil melengkapi teks tertulis rumpang berisi percakapan interpersonal/ transaksional.
2)     Membahas kapan mereka mungkin mendengar tindak tutur  tersebut
3)     Siswa bekerja secara kolaboratif untuk mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi.
4)     Mendiskusikan respon (tanggapan) yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar
5)     Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang lain dan menjawab/ meresponnya.

c.     Konfirmasi
1)     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2)     Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks
3)     Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.

3.     Kegiatan Penutup
a.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
b.    Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
c.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang: evaluasi (listening test).
d.    Guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk dikerjakan di rumah
Tugas Terstruktur:
Mendengarkan sebuah teks transactional/ interpersonal secara berpasangan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks. Jawaban dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur:
Menonton film berbahasa Inggris di TV (boleh yang ada teks terjemahannya ataupun tidak) dan mencatat ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi

Pertemuan Kedua

1.     Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a.     memotivasi siswa
b.    menyampaikan tujuan pembelajaran
c.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

2.     Kegiatan Inti

Satu jam pelajaran pertama
a.     Eksplorasi (8 menit)
1)     Guru dan siswa membahas materi yang sudah mereka pelajari pada pertemuan sebelumnya
2)     Guru menyebutkan beberapa ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi dan siswa menanggapi ungkapan tersebut.

b.    Elaborasi (25 menit)
1)     Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui media audio atau visual secara klasikal atau dari suara guru
2)     Memberikan respon/ tanggapan terhadap setiap ungkapan yang didengar.

c.     Konfirmasi (17 menit)
1)     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2)     Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks

Satu jam pelajaran kedua (Evaluasi): 30 menit

a.     Eksplorasi (3 menit)
1)     Guru menyiapkan siswa supaya mengerjakan soal-soal listening dengan semangat dan jujur.
2)     Guru membagikan kertas soal berisi pilihan jawaban dari soal-soal yang akan diperdengarkan.

b.    Elaborasi (25 menit)
1)     Guru memperdengarkan soal listening dan siswa mengerjakan.
2)     Siswa mengumpulkan jawaban mereka.

c.     Konfirmasi (8 menit)
1)     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2)     Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik yang berhubungan dengan soal listening yang sudah mereka kerjakan.
3.     Kegiatan Penutup (5 menit)
a.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
b.    Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
c.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang: evaluasi (listening test).

I.      Penilaian Hasil Belajar

Teknik: Tes
Bentuk: Pilihan ganda
Instrumen:
Satu set soal listening berisi 10 soal pilihan ganda.

Part A
You will hear some short expressions. Each expression will be followed by some possible responses. Listen to the expressions and the responses carefully and decide one which will be the best responses to the expressions.

1.     Listen and mark your answer on your book.       
2.     Listen and mark your answer on your book.       
3.     Listen and mark your answer on your book.
4.     Listen and mark your answer on your book.
5.     Listen and mark your answer on your book.

Part B
You will hear some short dialogues and a question after each dialogue. Listen to the dialogue and the question about it, and read the five possible answers on your book and decide one that will be the best answer to the question.

6.     a. She doesn’t like being Jack’s wife.                 d. She wonders how Jack’s wife looks like.
b. She hasn’t been married with Jack.                 e. She is happy to be Jack’s wife.
c. She wonders how to be Jack’s wife.

7.     a. She doesn’t enjoy the ceremony.                    d. She doesn’t know how to attend the ceremony.
b. She almost couldn’t follow the ceremony.       e. She is happy after the ceremony.
c. She doesn’t like attending graduation ceremony.

8.     a. He’s just fine.                                                d. He’s happy with his new job in hospital.
b. He’s never been better than today.                 e. He wants to stay in a hotel for a while.
c. His condition is terrible.

9.     a. She doesn’t like living in her new house.         d. She doesn’t have a new house.
b. She’s afraid of living in her new house.           e. She wants to buy a new house.
c. She is happy living in her new house.

10.  a. She couldn’t find big malls.                            d. Her old city reminds her with her ex-boy friend.
b. She found the man that she loves.                 e. She doesn’t want to live in a big city.
c. She likes the fresh air and friendly people.

Transcription and Key Answers:

Part A
1.     “Harry, I got good news for you.”
a. Really? What is it?                             c. That’s not good news.           e. You lied to me.
b. I can’t believe in you anymore            d. To me, it’s bad news.           

2.     “Willy, we pass the exam!”
a. You must be wrong!                                      d. You must have told a lie.                  
b. I must get accustomed to this.                                   e. We’ll have exam next week.
c. Yes! We did it, finally!

3.     “My girl friend left me for another guy.”
a. You shouldn’t have been frustrated.              d. I can’t believe that she left you.
b. You could have gone with another girl.           e. What a pity.
c. You must get accustomed to being alone.

4.     “Peter’s uncle got an accident last week and he should be taken care in the hospital for about a month.”
a. I believe he drove carelessly.                         d. I don’t know Peter’s uncle..
b. Oh, that’s terrible.                                          e. He shouldn’t have driven by himself. 
c. I can’t believe in you.

5.     “How do you feel living in your new house?”
a. What a pity.                                                   d. What a wonderful life!           
b. What are you talking about?                           e. What a mess!
c. What type of house do you want?

Part B
6.     Man                  : How do you feel being Jack’s wife?
Woman             : Thanks God that I finally found him!
Question           : What does the woman imply?

7.     Man                  : How do you feel about your graduation day?
Woman             : Oh, it’s terrible. I almost couldn’t enjoy it at all.
Question           : What does the woman imply?

8.     Man                  : How’s your uncle? I heard that he got an accident last week.
Woman             : Oh, he’s not really fine.
Man                  : Why?
Woman             : His left leg was broken and he has to stay in the hospital for a month.
Man                  : Oh, that’s terrible.
Question           : How was the condition of the woman’s uncle?

9.     Man                  : How do you feel living in a new house?
Woman             : What a wonderful life!
Question           : What does the woman mean?

10.  Man                  : How do you feel living in this little town?
Woman             : I’m happy with this.
Man                  : Why? You cannot find malls and shopping centres easily here.
Woman             : It’s true, but… I like the fresh air and the friendly people here.
Question           : Why does the woman happy living in the little town?

Kunci:


0 komentar:

Posting Komentar