Sabtu, 30 April 2011

Trik jawab soal UN English


Some Tricks for Answering Questions in the 2011 National Exam

Ujian Nasional (UN) sebenarnya tidak terlalu menakutkan, bahkan bagi siswa-siswa yang tidak terlalu ‘smart’ dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, asalkan mereka tahu trik-trik atau strategi khusus untuk menjawab soal-soal UN tersebut. Didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN tahun 2011, tulisan ini dimaksudkan untuk membantu siswa dalam menjawab soal-soal UN tahun 2011 mata pelajaran Bahasa Inggris.
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenali jenis-jenis pertanyaan yang ada dalam SKL UN 2011, yaitu sebagai berikut:

1.      Untuk SKL ‘menentukan gambaran umum’, ada beberapa model pertanyaan, misalnya:
a.     What is the text about?
b.     What does the text tell us about?
c.     What is the topic of the text?
d.     The text mainly discusses...
e.     The text tells us about...

2.      Untuk SKL ‘menentukan informasi tertentu’, model pertanyaan yang paling sering adalah:
a.   Which of the followings is true according to the text?
b.   Which of the followings is not true according to the text?
c.   The followings are true according to the text, EXCEPT....

3.      Untuk SKL ‘menentukan informasi rinci’, bentuk pertanyaan bisa bermacam-macam, misalnya:
a.     How many reasons does the writer propose for the issue?
b.     Which of the followings is an argument against the issue?

4.      Untuk SKL ‘menentukan informasi tersirat’, pertanyaan biasanya berupa kalimat tidak lengkap yang harus dilengkapi dengan kesimpulan dari suatu paragraf atau kesimpulan dari teks secara keseluruhan. Misal:
a.     It can be concluded from the text that...
b.     We know from the text that...

5.      Untuk SKL ‘menentukan pikiran utama suatu paragraf’, bentuk pertanyaan biasanya adalah: What is the main idea of paragraph...?

6.      Untuk SKL ‘menentukan rujukan’, model pertanyaannya adalah: What does the underlined word refer to...?

7.      Untuk SKL ‘menentukan makna kata/ frase/ kalimat’, bentuk pertanyaannya adalah:
a.     What is the synonym of the underlined word?
b.     The underlined word can be replaced with...
c.     The underlined word has the same meaning with...
d.     Which of the followings is closest in meaning with the underlined one?

8.      Untuk SKL ‘menentukan tujuan komunikatif suatu teks’, pertanyaannya bisa berbunyi: What is the communicative purpose of the text?

Kedua, perlu dikenali model-model pilihan jawaban untuk setiap pertanyaan, disesuaikan jenis teks. Ada beberapa soal yang bisa disiasati, yaitu sebagai berikut:

1.     Untuk menjawab pertanyaan tentang gambaran umum (...about?):

a.   Pada teks jenis message:
1)     cari kata-kata di dalam teks yang diawali kata-kata ‘to’, ‘for’, atau ‘please’.
2)     Jika di dalam teks terdapat beberapa kata “please”, “to”, atau “for”, maka isi pesan bisa dianggap sebagai “daftar hal-hal yang harus dikerjakan” (list of what to do)
3)     Jika di dalam teks terdapat sebuah kata “please...”, maka jawaban yang harus dicari dalam pilihan adalah: a request of...; a command to...; an order to...; atau a requirement to... 

b.   Pada teks jenis advertisement, ada dua macam:
1)   Untuk iklan barang/ jasa, jawaban biasanya berbunyi: an offer of ...
2)   Untuk iklan lowongan kerja (job vacancy), pilih alternatif jawaban yang ada kata-kata”
·       an offer of job as...
·       a job vacancy
·       a vacant position
·       a job advertisement, dan
·       BUKAN yang berbunyi ‘applying for a job...’

c.   Pada teks jenis news item (biasanya ditandai dengan nama kota yang ditulis dengan huruf KAPITAL semua di awal tulisan), topik teks ada pada paragraf awal, berupa “peristiwa/ kejadian”, dan BUKAN tentang orang atau tempatnya.

d.   Pada teks jenis recount, tidak ada pertanyaan tentang gambaran umum (...about?) – menurut SKL.

e.   Pada teks jenis analytical exposition yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “reason/ why” di paragraf awal (biasanya di kalimat terakhir paragraf pertama) serta kata-kata “In conclusion, ...; Thus, ...; Therefore, (dan sebagainya) di paragraf akhir, maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan penggunaan kata-kata “the reason for...” atau “why...” pada pilihan jawaban.

f.    Pada teks jenis hortatory exposition yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “should/ must/advice/suggest” di paragraf awal dan akhir, maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan kata-kata “should/ must/advice/suggest” pada pilihan jawabannya.

g.   Pada teks jenis explanation yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “how/process/ phenomena” dan sebagainya pada paragraf awal (biasanya di kalimat terakhir paragraf pertama), maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan kata-kata “how/process/ phenomena” pada pilihan jawabannya.

h.   Pada teks jenis discussion yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “however, in contrast to, on the contrary, on the one hand, on the other hand, pro/ contra, advantages/ disadvantages, benefits/ drawbacks, dan sebagainya di paragraf-paragraf tengah, maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan penggunaan kata-kata “the controversy of...; the advantages and disadvantages of...; the benefits and drawbacks of...; the pros and contras of...; the positive and negative sides of...”pada pilihan jawabannya.

Pada teks jenis discussion sangat dimungkinkan terdapat pertanyaan tentang “the advantages” atau the disadvantages”; “the positive sides” atau “the negative sides”. Misal:
Which of the followings IS NOT an advantage of watching TV?
ð  Jawaban dicari pada paragraf yang berisi disadvantages of watching TV.

Pada teks jenis discussion juga ada pertanyaan tentang informasi tersirat. Biasanya pertanyaan untuk SKL ini berbunyi:
“It can be inferred from the text that..” ATAU “It can be concluded from the text that...”
Jawabannya dapat ditemukan pada paragraf terakhir yang biasanya berisi conclusion (kesimpulan).

i.    Pada teks jenis review yang ditandai dengan penggunaan kata-kata “film, book, novel, music, actor”, dan sebagainya di paragraf awal, maka jawaban untuk pertanyaan tentang gambaran umum ditandai dengan penggunaan kata-kata “a review of...” atau “a critic of ...”

2.      Untuk menjawab pertanyaan tentang informasi tertentu (Misal: Which of the followings is true according to the text?), maka perlu diwaspadai beberapa kata yang biasanya digunakan sebagai jebakan (distractor) sebagai berikut: only, just, merely, all, every, no, not, always, never, less, more, most, serta kata-kata yang berlawanan artinya dengan yang disebutkan dalam teks. Dengan kata lain, jika pertanyaannya berbunyi seperti di atas, maka pilihan jawaban yang mengandung kata-kata seperti di atas biasanya “salah”.
Biasanya kata-kata yang digunakan dalam pilihan merupakan kebalikan dari (atau setidaknya tidak sama dengan) kata-kata yang digunakan dalam teks. Misalnya, di dalam teks disebutkan “fifty percent of Indonesians are dependent”:
Pertanyaan: “Which of the followings is true according to the text?”
a.   More than fifty percent of Indonesians are dependent
b.   Less than fifty percent of Indonesians are dependent
c.   Fifty percent of Indonesians are under seventeen
d.   Half of Indonesian populations are dependent
e.   Fifty percent of Indonesians are older people

3.      Untuk pertanyaan tentang informasi rinci - biasanya pertanyaan tentang sebab (why), jumlah (How many), kapan (When), di mana (When), bagaimana cara (How), siapa (Who), apa (what) – untuk memilih jawaban yang tepat, cari di dalam teks (kalau perlu baris demi baris) kata-kata yang terdapat di dalam pertanyaan, dan jawaban biasanya terdapat di sekitar kalimat tersebut.

Karena dalam UN tahun 2011 ini ada delapan pertanyaan tentang gambaran umum dan delapan pertanyaan untuk informasi tertentu, maka dengan menerapkan trik-trik seperti diuraikan dalam tulisan ini, insya Alloh para siswa sudah dapat menjawab SETIDAKNYA 16 pertanyaan pada reading section. Terlepas dari itu semua, tentunya usaha yang sungguh-sungguh dengan belajar keras diiringi doa yang tulus kepada Yang Maha Kuasa tidak boleh dilupakan, karena itu adalah faktor yang paling menentukan keberhasilan para siswa. Still confused? Consult your teacher!


1 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks for sharing..

Posting Komentar