Sabtu, 30 April 2011

RPP KD 3 Listening


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : MAN 1 Boyolali                                               Topik                : Functional Texts
Kelas/ Semester                        : X/ 1                                                    Ketrampilan       : Listening
Mata Pela­jaran              : Bahasa Inggris                                                Alokasi Waktu   : 4 X 45’ (dua pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
2.     Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.    Kompetensi Dasar
3.     Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari

C.    Indikator
  1. Menyebutkan pembuat pengumuman
  2. Menyebutkan isi pengumuman
  3. Menyebutkan kepada siapa pengumuman ditujukan
  4. Menyebutkan informasi rinci tersurat dari pengumuman yang diperdengarkan
  5. Menyebutkan informasi tertentu tersirat dari pengumuman yang diperdengarkan
  6. Menyebutkan pembuat iklan
  7. Menyebutkan isi iklan (barang atau jasa apa yang diiklankan)
  8. Menyebutkan kepada siapa iklan ditujukan
  9. Menyebutkan informasi rinci tersurat dari iklan yang diperdengarkan
  10. Menyebutkan informasi tertentu tersrat dari iklan yang diperdengarkan
  11. Menyebutkan pembuat undangan
  12. Menyebutkan isi undangan
  13. Menyebutkan kepada siapa undangan ditujukan
  14. Menyebutkan informasi rinci tersurat dari undangan yang diperdengarkan
  15. Menyebutkan informasi tertentu tersrat dari undangan yang diperdengarkan

D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran diharapkan siswa dapat melakukan semua hal yang tersebut dalam indikator di atas.

E.    Materi Ajar: Teks fungsional pendek

Contoh Teks:
1.     Pengumuman
The planes to Denpasar and Medan will depart in ten minutes. Passengers to Denpasar should board through gate 3. Passengers to Medan should board through gate 5. Thank you.

2.     Iklan
We offer excellent way to spend your weekend. We have a room package for only Rp. 198,000 a night. The package includes free breakfast for two adults and two children under twelve, plus a bar of chocolates for children. Call us now at 0274-321097!

3.     Undangan
Rajawali tours and travel is goiing to celebrate it’s 5th anniversary on Sunday, 22nd October 2010. We invite all crews and staffs to attend the celebration and enjoy the party. Thank you.

F.    Alokasi Waktu: 4 X 45 menit (dua pertemuan)
G.    Metode Pembelajaran: Contextual Teaching and Learning

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

  1. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a.     memotivasi siswa
b.    menyampaikan tujuan pembelajaran
c.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

  1. Kegiatan Inti (80 menit)
a.     Eksplorasi (15 menit)
1)     Mendengarkan contoh-contoh teks functional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan)
2)     mencari padanan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam teks tersebut dalam bahasa Indonesia
b.    Elaborasi (50 menit)
1)     Mendengarkan contoh-contoh teks functional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan)melalui media audio atau visual secara klasikal atau dari suara guru sambil melengkapi teks tertulis rumpang berisi teks functional pendek tersebut
2)     Membahas kapan dan di mana mereka mungkin mendengar teks fungsional  tersebut
3)     Siswa bekerja secara kolaboratif untuk mendiskusikan berbagai teks fungsional lain yang mungkin mereka dengar dalam kesempatan yang sama.
4)     Mendiskusikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan terkait teks fungsional yang didengar
5)     Mendengarkan teks fungsional pendek yang lain dan menjawab/ meresponnya.

c.     Konfirmasi (15 menit)
1)     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2)     Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks
3)     Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.

Kegiatan Penutup (5 menit)
1.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
2.     Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu.
3.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang: pendalaman materi (satu jam pelajaran, dilanjutkan evaluasi (listening test dari teks procedure) pada jam pelajaran berikutnya.
4.     Guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk dikerjakan di rumah
Tugas Terstruktur:
Mendengarkan sebuah teks fungsional pendek dan membuat serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks. Jawaban dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur:
Menonton film/ berita/ acara lain di TV  dan merekam serta menuliskan teks iklan/ pengumuman berbahasa Inggris yang ada di TV

Pertemuan Kedua

Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1.     memotivasi siswa
2.     menyampaikan tujuan evaluasi
3.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan (evaluasi)

Kegiatan Inti

(Satu jam pelajaran pertama)
1.     Eksplorasi (7 menit)
a.     Guru dan siswa membahas materi yang sudah mereka pelajari pada pertemuan sebelumnya.
b.    Guru menyebutkan beberapa kata yang akan digunakan dalam teks fungsional pendek (pengumuman) dan siswa menyebutkan artinya dalam bahasa Indonesia.

2.     Elaborasi (25 menit)
a.     Guru memperdengarkan sebuah teks fungsional pendek (pengumuman/ announcement) lisan
b.    Siswa bekerja dalam kelompok membahas tujuan komunikatif, generic structure, & content dari teks tersebut.
c.     Siswa bersama guru membahas tujuan komunikatif, generic structure, serta content dari teks tersebut.

3.     Konfirmasi (8 menit)
a.     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
b.    Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks
c.     Guru menyampaikan bahwa mereka akan segera melakukan evaluasi dengan tes listening tentang teks procedure.

Satu jam pelajaran kedua: Evaluasi

1.     Eksplorasi (3 menit)
a.     Guru menyiapkan siswa supaya mengerjakan soal-soal listening dengan semangat dan jujur.
b.    Guru membagikan kertas soal berisi pilihan jawaban dari soal-soal yang akan diperdengarkan.

2.     Elaborasi (25 menit)
a.     Guru memperdengarkan soal listening dan siswa mengerjakan.
b.    Siswa mengumpulkan jawaban mereka.

3.     Konfirmasi (12 menit)
a.     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
b.    Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks

Kegiatan Penutup (5 menit)
1.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
2.     Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
3.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang.

I.      Penilaian Hasil Belajar

Teknik: Tes
Bentuk: Pilihan ganda
Instrumen:
Satu set soal listening berisi 10 soal pilihan ganda.

Part A
Directions: On the compact disk you will hear some texts. Each text will be followed by some questions. After you hear a text and the questions about it, read the five possible answers in your book and decide one that will be the best answer to the question that you’ve just heard.

Questions number 1 through 4 refer to the following information
1.     a. A baby sitter                               c. A university lecturer               e. A sales manager
b. A photographer                           d. A trainee teacher

2.     a. Free lunch                                   c. Good working hours              e. Guarantee to enter a university
b. Good career                                d. Training for new employees

3.     a. Before 08 February 2010              c. Before 20 February 2010        e. Before 29 February 2010
b. Before 09 February 2010              d. Before 28 February 2010

4.     a. Come personally                                     c. Send a letter to the institution                         e. Phone the institution
b. Send an e-mail to the institution   d. a fax to the institution

Questions number 5 through 7 refer to the following information
5.     a. Pilots                                          c. Aeroplane staffs                    e. Stewards and stewardess
b. Travellers                                    d. Passengers of a plane

6.     a. A minister                        c. A seventy year old man                     e. A mother with her teenage son
b. An accountant                 d. A man with his colleague

7.     a. Soon                              c. In ten minutes                                    e. After the second call
b. In five minutes                 d. After the first call

Questions number 8 through 10 refer to the following information
8.     a. A hotel                            c. A government office                          e. A private course
b. A restaurant                    d. A department store

9.     a. A bar of chocolate           c. A pack of biscuits                             e. Some toys
b. A pack of candies           d. A piece of cake

10.  a. Send a fax                      c. Visit the website                                e. Send a letter via post office
b. Ask the staffs                 d. Make a phone call

Listening Transcription:

Questions number 1 through 4 refer to the following information

Are you hard working? Friendly? A university graduate with an excellent command of English? Would you enjoy teaching adults and children? We offer opportunities for trainee teachers. Join us and you’ll get good wage and good opportunities for your career. Please send your application letter, CV, and a recent photograph by 28 February 2010 to Smart English Course through e-mail to staff.recruitment@edukagroup.com.

1.     What jobs is mentioned in the text?
2.     What does the institution offer beside good wage?
3.     When should you send your application letter?
4.     How should you apply for the job?

Questions number 5 through 7 refer to the following information

This is the first call for passengers travelling to Singapore and to Kuala Lumpur. The plane will fly in ten minutes. Persons with special disabilities, senior passengers, and persons travelling with children are invited to board at this time. All other passengers please stay away from the door until you hear your row number called. Thank you.

5.     Who could possibly be the listeners of the announcement?
6.     Which of the following persons is invited to enter the plane first?
7.     When will the plane fly?

Questions number 8 through 10 refer to the following information

Why don’t you spend your weekend with us? Celebrating our fifth anniversary, we have an excellent room package with only 290,000 rupiahs per night. The package includes free breakfast for two adults and two children plus a welcome chocolate for children. You’ll also get 10% discount for all food and beverages. Call us now at 0271-555765. For more information, please visit our website at www.puriindah.dom.

8.     Who could possibly make the advertisement?
9.     What will a child get when he checks in the hotel?
10.  What should you do if you need more information about the hotel?

Kunci Jawaban:


1.     D
2.     B
3.     E
4.     B
5.     D
6.     C
7.     C
8.     A
9.     A
10.  D


Kriteria penilaian:
Jawaban salah: 0
Jawaban benar: 1

Nilai:
Jumlah benar dikalikan 10.

N =
Jumlah benar
X 10

J.     Sumber Belajar
Audio recording, Media audio/ visual, buku pelajaran.



Mengetahui                                                                                           Boyolali, 8 Juli 2010
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Drs. Cholid Trenggono, M.Pd                                                                Junainah Helmy, M.Pd.
NIP. 19580612 198603 1 003                                                                  NIP. 19720430 199703 2 001



0 komentar:

Poskan Komentar