Sabtu, 30 April 2011

RPP KD 3 Writing


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : MAN 1 Boyolali                                               Topik                : Functional Texts
Kelas/ Semester                        : X/ 1                                                    Ketrampilan       : Writing 
Mata Pela­jaran              : Bahasa Inggris                                                Alokasi Waktu   : 2 X 45’ (satu pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
  1. Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari

B.    Kompetensi Dasar
3.     Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks.

C.    Indikator
1.     Menuliskan kembali teks functional yang mereka dengar.
2.     Menciptakan teks functional tulis sendiri.

D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran diharapkan siswa dapat melakukan semua hal yang tersebut dalam indikator di atas.

E.    Materi Ajar: Teks Functional

Teks fungsional pendek
1. Pengumuman
Contoh:
Attention!
In order to gain a smooth and conducive teaching and learning, parents are not allowed to accompany their children in the classrooms. Those who should wait for the children, please wait in the waiting room. Thank you.

2. Iklan
Contoh:
We offer excellent way to spend your weekend. We have a room package for only Rp. 198,000 a night. The package includes free breakfast for two adults and two children under twelve, plus a bar of chocolates for children. Call us now at 0274-321097!

3.     Undangan
Contoh:
To: Mr. Sandy Sanjaya
Rajawali tours and travel is goiing to celebrate it’s 5th anniversary on Sunday, 22nd October 2010. We invite all crews and staffs to attend the celebration and enjoy the party. Thank you.
Management
of Rajawali Tours & Travel

F.    Alokasi Waktu: 4 X 45 menit (dua pertemuan)
G.    Metode Pembelajaran: Contextual Teaching and Learning

H.    Kegiatan Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a.     memotivasi siswa
b.    menyampaikan tujuan pembelajaran
c.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan
  1. Kegiatan Inti (80 menit)
a.     Eksplorasi
Siswa membuat daftar kata-kata dan tujuan komunikatif suatu teks functional.
b.    Elaborasi
1)     Siswa bekerja secara kolaboratif menyusun kalimat-kalimat acak dari sebuah teks functional
2)     Siswa bekerja kolaboratif untuk menciptakan teks functional lisan berdasarkan “clue” yang diberikan oleh guru
3)     Siswa bekerja secara kolaboratif menyusun kembali teks functional tulis yang kalimatnya diacak seperti yang sudah mereka rancang di dalam kelompok
4)     Siswa menulis kembali teks functional yang sudah disusun menjadi sebuah teks yang bermakna.
5)     Siswa dan guru membahas susunan teks yang benar menurut kaidah generic structure dari teks functional.
6)     Guru membimbing siswa untuk membuat sebuah teks functional tertulis bersama-sama di kelas sekaligus untuk mengecek letak kekurangan siswa dalam menyusun kalimat.

a.     Konfirmasi (15 menit)
1)     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2)     Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks
3)     Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.

Kegiatan Penutup (5 menit)
1.     Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
2.     Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu.
3.     Guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk dikerjakan di rumah
Tugas Terstruktur:
Siswa membuat teks functional tulis di rumah dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur:
Siswa membuat teks functional tulis yang lain.
4.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang.

I.      Penilaian Hasil Belajar
Bentuk: performa
Instrumen:
  • instruksi dan informasi yang dijadikan pedoman untuk menciptakan dialog dan menampilkannya:
Create a written functional text and perform it in front of your friends!
  • Rubrik penilaian yang meliputi 4 aspek penilaian, yaitu yaitu gagasan (idea) dan isi (content), appropriacy (penerapan Schematic structure & linguistic features), serta punctuation and grammar.

Pedoman Penilaian:
  1. Ide/ isi cerita                                         : 25%
  2. Penerapan schematic structuure             : 25%
  3. Fluency                                                 : 25%
  4. Penampilan                                           : 25%
  5. Scores: 1 = bad; 1.5 = fair; 2 = good; 2.5 = excellent.

Rubrik Penilaian:

No.
Nama siswa
Aspek penilaian

Nilai = jumlah score X 10
Idea/ content
Schematic structure &
linguistic features
Punctuationand Grammar
1.






2.






3.






4.






5.







Kriteria penilaian:
1 = kurang bagus                1.5 = cukup                   2 = bagus                     2.5 = sangat bagus
Nilai = jumlah score X 10

J.     Sumber Belajar
Audio recording, Media audio/ visual, buku pelajaran.

Mengetahui                                                                                           Boyolali, 8 Juli 2010
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Drs. Cholid Trenggono, M.Pd                                                                Junainah Helmy, M.Pd.
NIP. 19580612 198603 1 003                                                                  NIP. 19720430 199703 2 001


1 komentar:

nabendujablonowski mengatakan...

SlotyCity Casino - Mapyro
Get directions, reviews and information for 김제 출장샵 SlotyCity Casino 포천 출장샵 in Rohnert Park. Address: 통영 출장샵 777 E. Rohnert Park Blvd., Rohnert 경상북도 출장샵 Park, OK. 계룡 출장마사지

Posting Komentar