Sabtu, 30 April 2011

Silabus versi terbaru


SILABUS

Nama Madrasah           : MAN 1 Boyolali                                                                                                                                                           Kelas                            : X
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris                                                                                                                                                            Semester                      : 1
Standar Kompetensi 1: Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Tugas Terstruktur
Kegiatan Mandiri
Mendengarkan
1.1. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
























1.        Berkenalan
Contoh:
a.    Hi.
b.    Hello.
c.     Good morning.
2.        Bertemu
Contoh:
a.        How do you do?
b.        It’s nice to meet you.
3.        Berpisah
Contoh:
a.        See you.
b.        See you later.
c.        Good bye.
4.        Menyetujui ajakan
Contoh:
a.    I’d love to. Thanks.
b.    That would be nice.
c.     Sounds great. O.K.
5.        Menyetujui /tawaran/ undangan
Contoh:
a.        I’d love to. Thanks.
b.        That would be nice.
c.        Sounds great.
6.        Menerima janji
Contoh:
a.        I count on your promise.
b.        I’ll wait for your promise.
7.        Membatalkan janji
Contoh:
  I can’t make it, I’m   sorry.



1.        Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan
2.        Menjawab tindak tutur berkenalan
3.        Mengidentifikasi makna tindak tutur bertemu
4.        Menjawab tindak tutur bertemu
5.        Mengidentifikasi makna tindak tutur berpisah
6.        Menjawab tindak tutur berpisah
7.        Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran
8.        Menjawab tindak tutur menyetujui tawaran
9.        Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui undangan
10.     Menjawab tindak tutur menyetujui undangan
11.     Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui ajakan


12.     Menjawab tindak tutur menyetujui ajakan
13.     Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji
14.     Menjawab tindak tutur menerima janji
15.     Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji
16.     Menjawab tindak tutur membatalkan janji

Kegiatan Pendahuluan:
1.     memotivasi siswa
2.     menyampaikan tujuan pembelajaran
3.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

Kegiatan Inti:
Eksplorasi
1.        mendengarkan contoh-contoh ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
2.        mencari padanan ungkapan-ungkapan tersebut dalam bahasa Indonesia

Elaborasi
1.        Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui media audio atau visual secara klasikal atau dari suara guru sambil melengkapi teks tertulis rumpang berisi percakapan interpersonal/ transaksional
2.        Membahas kapan mereka mungkin mendengar tindak tutur  tersebut
3.        Siswa bekerja secara kolaboratif untuk mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang.
4.        Mendiskusikan respon (tanggapan) yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar
5.        Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang lain dan menjawab/ meresponnya.

Konfirmasi
1.        Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2.        Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks
3.        Guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk dikerjakan di rumah
4.        Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.

Kegiatan Penutup
1.        Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
2.        Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
3.        Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang.

Mendengarkan sebuah teks transactional/ interpersonal secara berpasangan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks.
Jawaban dikumpulkan pada pertemuan yang akan dating.
Menonton film berbahasa Inggris di TV (boleh yang ada teks terjemahannya ataupun tidak) dan mencatat ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
Teknik: Tes
Bentuk: Pilihan ganda
Instrumen:
Satu set soal listening berisi 15 soal pilihan ganda
Kriteria penilaian:
Jawaban salah: 0
Jawaban benar: 1

7 X 45’

Audio recording,
Media audio/ visual, buku pelajaran

Kompetensi dasar
Materi
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Tugas Terstruktur
Kegiatan Mandiri
Mendengarkan
1.2.   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi

1.        mengungkapkan perasaan bahagia
Contoh:
a.        I’m happy with this.
b.        Thanks God that I finally found you.
c.        What a wonderful life!
2.        menunjukkan perhatian
Contoh:
  1. What do you mean?
  2. And?
  3. What happen next?
3.        menunjukkan simpati
Contoh:
  1. I’m sorry to hear that.
  2. Please accept my deepest sympathy.
  3. What a pity!
  4. Oh, it’s terrible.
4.        memberi instruksi
Contoh:
a.        Put a sachet of instant coffee in the cup.
b.        Add sugar.
c.        Stir the coffee well.

1.        Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
2.        Menjawab tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
3.        Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan perhatian
4.        Menjawab tindak tutur menunjukkan perhatian
5.        Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan simpati
6.        Menjawab tindak tutur menunjukkan simpati
7.        Mengidentifikasi makna tindak tutur memberikan instruksi
8.        Menjawab tindak tutur memberikan instruksi

Kegiatan Pendahuluan:
1.     memotivasi siswa
2.     menyampaikan tujuan pembelajaran
3.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

Kegiatan Inti:
Eksplorasi
1.        mendengarkan contoh-contoh ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
2.        mencari padanan ungkapan-ungkapan tersebut dalam bahasa Indonesia

Elaborasi
1.        Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui media audio atau visual secara klasikal atau dari suara guru sambil melengkapi teks tertulis rumpang berisi percakapan interpersonal/ transaksional
2.        Membahas kapan mereka mungkin mendengar tindak tutur  tersebut
3.        Siswa bekerja secara kolaboratif untuk mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari.

4.        Mendiskusikan respon (tanggapan) yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar
5.        Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang lain dan menjawab/ meresponnya.

Konfirmasi
1.        Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2.        Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks
3.        Guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk dikerjakan di rumah
4.        Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.

Kegiatan Penutup
1.        Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
2.        Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
3.        Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang.







Mendengarkan sebuah teks transactional/ interpersonal secara berpasangan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks.
Jawaban dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Menonton film berbahasa Inggris di TV (boleh yang ada teks terjemahannya ataupun tidak) dan mencatat ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
Teknik: Tes
Bentuk: Pilihan ganda
Instrumen:
Satu set soal listening berisi 10 soal pilihan ganda
Kriteria penilaian:
Jawaban salah: 0
Jawaban benar: 1

4 X 45’

Audio recording,
Media audio/ visual, buku pelajaran

Standar Kompetensi 2:
Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tatap Muka
Tugas Terstruktur
Kegiatan Mandiri
Mendengarkan
1.3.   Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari



Teks fungsional pendek
1.        Pengumuman
Contoh:
The planes to Denpasar and Medan will depart in ten minutes. Passengers to Denpasar should board through gate 3. Passengers to Medan should board through gate 5. Thank you.

2.        Iklan
Contoh:
We offer excellent way to spend your weekend. We have a room package for only Rp. 198,000 a night. The package includes free breakfast for two adults and two children under twelve, plus a bar of chocolates for children. Call us now at 0274-321097!

3.        Undangan
Contoh:
Rajawali tours and travel is goiing to celebrate it’s 5th anniversary on Sunday, 22nd October 2010. We invite all crews and staffs to attend the celebration and enjoy the party. Thank you.

1.        Menyebutkan pembuat pengumuman
2.        Menyebutkan isi pengumuman
3.        Menyebutkan kepada siapa pengumuman ditujukan
4.        Menyebutkan informasi rinci tersurat dari pengumuman yang diperdengarkan
5.        Menyebutkan informasi tertentu tersirat dari pengumuman yang diperdengarkan
6.        Menyebutkan pembuat iklan
7.        Menyebutkan isi iklan (barang atau jasa apa yang diiklankan)
8.        Menyebutkan kepada siapa iklan ditujukan
9.        Menyebutkan informasi rinci tersurat dari iklan yang diperdengarkan
10.     Menyebutkan informasi tertentu tersrat dari iklan yang diperdengarkan
11.     Menyebutkan pembuat undangan
12.     Menyebutkan isi undangan
13.     Menyebutkan kepada siapa undangan ditujukan
14.     Menyebutkan informasi rinci tersurat dari undangan yang diperdengarkan
15.     Menyebutkan informasi tertentu tersrat dari undangan yang diperdengarkan

Kegiatan Pendahuluan:
1.     memotivasi siswa
2.     menyampaikan tujuan pembelajaran
3.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

Kegiatan Inti:
Eksplorasi
1.        Mendengarkan contoh-contoh teks functional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan)
2.        mencari padanan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam teks tersebut dalam bahasa Indonesia

Elaborasi
1.        Mendengarkan contoh-contoh teks functional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan)melalui media audio atau visual secara klasikal atau dari suara guru sambil melengkapi teks tertulis rumpang berisi teks functional pendek tersebut
2.        Membahas kapan dan di mana mereka mungkin mendengar teks fungsional  tersebut
3.        Siswa bekerja secara kolaboratif untuk mendiskusikan berbagai teks fungsional lain yang mungkin mereka dengar dalam kesempatan yang sama.
4.        Mendiskusikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan terkait teks fungsional yang didengar
5.        Mendengarkan teks fungsional pendek yang lain dan menjawab/ meresponnya.

Konfirmasi
1.        Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2.        Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks
3.        Guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk dikerjakan di rumah
4.        Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.

Kegiatan Penutup
1.        Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
2.        Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
3.        Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang.




Mendengarkan sebuah teks fungsional pendek dan membuat serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks.
Jawaban dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Menonton film/ berita/ acara lain di TV  dan merekam serta menuliskan teks iklan/ pengumuman berbahasa Inggris yang ada di TV
Teknik: Tes
Bentuk: Pilihan ganda
Instrumen:
Satu set soal listening berisi 15 soal pilihan ganda
Kriteria penilaian:
Jawaban salah: 0
Jawaban benar: 1

3 X 45’

Audio recording,
Media audio/ visual, buku pelajaran


Kompetensi Dasar
Materi pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Tatap Muka
Tugas Terstruktur
Kegiatan Mandiri
Mendengarkan
1.4.   Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure

Generic Texts

1.      Procedure
Contoh:

How to make a cup of instant coffee

What you need:
A cup, hot water, one sachet of instant coffee, sugar.
Steps/ what you should do:
First, put one sachet of instant coffee in the cup.
Second, pour hot water into the cup.
Next, add sugar if you want to.
After that, stir the coffee well, and a cup of coffee is ready to serve.

2.      Recount
Contoh:

Last week is a very hard time for me. The first day I came late at school so my teacher was angry to me. The next day, my best friend had to move to other town. On Wednesday, I got flu. The next two days, my grandma passed away. Lastly, yesterday, my bus got a little accident.

3.      Narrative
Contoh:

The dog and the shadow

It happened that a Dog had got a piece of meat and was carrying it home in his mouth to eat it in peace.
Now on his way home he had to cross a plank lying across a running brook. As he crossed, he looked down and saw his own shadow reflected in the water beneath. Thinking it was another dog with another piece of meat, he made up his mind to have that also.
So he made a snap at the shadow in the water, but as he opened his mouth the piece of meat fell out, dropped into the water and was never seen more.



1.        Menyebutkan tujuan komunikatif dari teks procedure lisan.
2.        Mengidentifikasi generic structure dari teks procedure lisan:
a.        Ingredients
b.        Steps
3.        Menyebutkan informasi rinci tersurat dari teks procedure lisan.
4.        Menyebutkan informasi tertentu tersirat dari teks procedure lisan.
5.        Menyebutkan tujuan komunikatif dari teks recount lisan.
6.        Mengidentifikasi generic structure dari teks recount  lisan:
a.        Orientation
b.        Series 0f events
7.        Menyebutkan informasi rinci tersurat dari teks recount lisan.
8.        Menyebutkan informasi tertentu tersirat dari teks recount lisan.
9.        Menyebutkan tujuan komunikatif dari teks naratif lisan.
10.     Mengidentifikasi generic structure dari teks naratif lisan:
a.        Orientation
b.        Complication
c.        Resolution
11.     Menyebutkan informasi rinci tersurat dari teks naratif lisan.
12.     Menyebutkan informasi tertentu tersirat dari teks naratif lisan.

Kegiatan Pendahuluan
1.     memotivasi siswa
2.     menyampaikan tujuan pembelajaran
3.     menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan



Kegiatan Inti
Eksplorasi
Siswa, dibantu guru, membuat mind-map tentang kosa kata yang akan mereka dengar.

Elaborasi
a.        Siswa mendengarkan contoh generic teks lisan sambil melengkapi teks rumpang.
b.        Siswa bekerja dalam kelompok membahas tujuan komunikatif, generic structure, & content dari teks tersebut.
c.        Siswa bersama guru membahas tujuan komunikatif, generic structure, serta content dari teks tersebut.
d.        Siswa mendengarkan teks yang lain dari jenis yang sama tanpa bantuan teks rumpang tertulis.
e.        Siswa bekerja dalam kelompok membahas tujuan komunikatif, generic structure, serta content dari teks tersebut.
f.         Siswa bersama guru membahas teks tersebut.


Konfirmasi
1.        Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas
2.        Guru menjadi narasumber dan fasilitator menjawab pertanyaan peserta didik dalam memahami teks
3.        Guru memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk dikerjakan di rumah
4.        Guru memberi motivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.

Kegiatan Penutup
1.        Membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dipelajari hari itu.
2.        Melakukan refleksi terhadap jalannya proses pembelajaran pada hari itu
3.        Guru menyampaikan rencana pembelajaran yang akan datang.



Mendengarkan sebuah teks procedure/ recount/ narrative lisan dan membuat serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks.
Jawaban dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Menonton film berbahasa Inggris di TV dan menuliskan ringkasan ceritanya dalam bahasa Inggris
Teknik: Tes
Bentuk: Pilihan ganda
Instrumen:
Satu set soal listening berisi 15 soal pilihan ganda
Kriteria penilaian:
Jawaban salah: 0
Jawaban benar: 1

9 X 45’

Audio recording,
Media audio/ visual, buku pelajaran


0 komentar:

Posting Komentar